Selasa, 03 November 2015

Sunaryo beristri 9 bercinta bisa ramai-ramai



Sunaryo biasa dipanggil Naryo yang memiliki nama lengkap Setyo Joko Sunaryo (38) lelaki yang luar biasa. dia pernahy menikah 9 kali tapi yang serumah bersamanya sebanyak 6 orang dengan 16 orang anak. 3 orang istrinya yang lain Istri pertama cerai, istri ketiga meninggal kecelakaan, dan satu orang pergi kuliah kedokteran di Belanda.

Naryo bersama dengan 6 orang istrinya hidup bahagia. Naryo adil dalam ‘menjatah’ istrinya. Semua kebagian. Bahkan jika istrinya minta bercinta ramai-ramai pun tetap dilayani. Sebagai lelaki jelas Naryo bisa bangga mampu memberikan kebahagiaan buat semua istrinya, dan memberikan nafkah tanpa membeda-bedakan satu sama lain.


Karena kakek Sunaryo dulu istrinya empat belas orang. Kakeknya keturunan Tionghoa bernama Lie Liet Nam dulu berdomisili didesa Kuala Behe. Sang akong yang akrab disapa Anam, itu cukup legendaries di kampungnya. Jadi punya istri banyak karena faktor keturunan? Hmm...

Bagi masyarakat Kota Ngabang, Pontianak, Kalimantan Barat dan sekitarnya, nama Setyo Joko Sunaryo (38) atau yang biasa disapa Naryo, sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pria kelahiran Mempawah 21 Oktober 1977 ini, bisa hidup rukun dalan satu rumah, bersama enam orang istri dan 16 anaknya.

Dikutip dari tribun, ketika ditanya bagaimana menjaga rumah tangganya tetap harmonis dalam kehidupan sehari- hari, Naryo menuturkan yang terpenting adalah keadilan. "Bagaimana saya menjaga keharmonisan, segala sesuatu yang saya berikan selalu adil. Tidak ada saya dibeda-bedakan. Begitu juga dengan anak-anak," ujarnya. Keadilan itu juga yang diberikannya dalam memberikan nafkah batin. Ia pun merasa bahagia jika melihat istri-istrinya bersama-sama melahirkan. Ketika mereka melahirkan sama-sama, istri-istri Naryo itu tak sungkan berbagi air susu ibu (ASI), untuk bay-bayinya. "Jadi tidak ada istri spesial. Semuanya sama," tegasnya.

Naryo menikah untuk pertama kalinya pada 1999, dengan perempuan bernama Naini (31). Dari pernikahan itu, Naryo dikaruniai dua orang anak. Pernikahan kandas karena mereka bercerai pada 2010.

Naini memilih mengalah. Ia tidak mau dimadu. Saat itu, Naryo telah menikahi perempuan lainnya pada 2007. Namanya Sophia (31). Sophia memberinya empat orang anak. Setahun kemudian, pada 2008, Naryo mempersunting Sumarwati.

Dari pernikahannya yang ketiga ini, Naryo dikaruniai dua anak. Sumarwati meninggal dunia dalam sebua kecelakaan lalulintas di Segedong pada 2013. Setahun setelah menikahi Sumarwati, Naryo meminta Rima (31) untuk jadi pendamping hidupnya pada 2009.

Dari rahim Rima, Naryo memiliki empat orang anak. Setahun kemudian, tepatnya pada 2010, Naryo menikahi istri kelimanya, dr Rasima (31). Saat ini, Rasima masih menempuh pendidikan di Belanda.

Dari rahim sang dokter, Naryo memiliki dua anak. Tak berhenti sampai di situ, setahun berselang, pada 2011, ia menikahi Lisa (31) menjadi istri keenam. Dari Lisa, Naryo memiliki tiga orang anak.

Pernikahan Naryo berlanjut pada 2012. Kali ini, ia mempersunting Nopi Yuningtias (21). Ia belum memiliki anak dari Nopi. Pada 2014, Servia (21) menjadi istri kedelapan Naryo. Servia saat ini tengah hamil 8 bulan.

Setahun yang lalu, tepatnya Mei 2014, Naryo memperistri Dahlia (19) dan saat ini sudah memiliki satu orang anak. "Jadi, sampai dengan saat ini, jumlah anak saya 16 orang. Terdiri dari enam laki-laki dan 10 anak perempuan. Semuanya termasuk anak dari istri yang cerai dan anak dari istri yang meninggal.

Termasuk jika menyangkut kebutuhan batin. "Tidak ada rasa cemburu. Saya santai saja. Kalau dia (Naryo) mau punya istri lagi, saya tidak larang. Asal dia merasa bahagia dan mampu. Yang penting dalam rumah tangga, soal kebutuhan dapat dibagi dengan adil," kata Hj Sopia, istri tertua Naryo di rumah tersebut.

Hj Sophia menegaskan kalau tidak ada keadilan dan tidak ada cinta yang tulus, pasti tidak akan bisa bersatu sampai saat ini. Hal ini diamini istri Naryo yang lain, Rima. Rima mengaku mau dinikahi Naryo karena cinta dan kebaikannya.

Beberapa orang netizen pun berkomentar:
H Welly Koto SH
salut.... inilah realita kehidupan.
memang wanita yg baik g memilih bentuk dan rupa, wanita yg baik butuh perhatian dan tangung jawab lahir bhatin dari pasangan nya.

Bundanya Nadea Yuma Basuki
Kok kuat banget ya.. Nich orang..saya satu aja udah bikin dengkul mlocot..tenaga kuda kale

Diana Ary Shandy
dalam agama islam poligami boleh hanya sampai memiliki 4 istri, ini sudah gila kok ada yah wanita yang mau hidup seperti itu..???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar