inilah balada seorang operator sekolah

Diposting oleh mbah mangun

Tidak bisa dipungkiri operator sekolah sering mendapatkan tekanan dari para guru bersertifikasi dan kepala sekolah. Ada beban moral operator agar mengisikan data-data secara benar dan tepat waktu. para operator bertugas terkait dengan pengintegrasian seluruh data pokok pendidikan (dapodik) ke dalam sebuah aplikasi. Tapi, perlu diketahui, ketika malam, yang lain terlelap tidur, seorang operator ha­rus bangun sekadar menunggu validasi melalui sinkronisasi data apli­kasi. Hampir tiap malam bega­dang untuk meng-input dan mengecek status data. Andai ada kesalahan data, misal karena masalah teknis, PTK tak mau tahu, dan selalu menyalahkan. Padahal apa yang didapat operator secara finansial tak sebanding dengan tugasnya. Kesenjangan kesejahteraan sangat terasa atau bisa dikatakan sebagai ketidakadilan sistim bila melihat para guru bersertifikasi di sekolahnya yang menerima gaji tetap tiap bulan ditambah tunjangan profesi sebesar satu bulan gaji. Namun masih banyak operator sekolah yang mendapat gaji di bawah upah minimum regional. berikut rungkasannya:




Jangan Menganggap Remeh seorang Operator Sekolah....
1. Tahukah anda, pemerintah pusat dapat mengetahui jumlah guru dan siswa di sekolah dengan bantuan Operator Sekolah?
2. Hampir semua sekolah membutuhkan dana untuk pembelian sarana prasarana pembelajaran di sekolah. Tahukah anda, darimana pemerintah pusat memberikan dana BOS berdasarkan jumlah siswa kalau tidak dengan bantuan Operator Sekolah?
3. Di suatu sekolah ada guru yang merangkap operator. Selain harus masuk kelas dan menyusun perangkat pembelajaran, dia juga harus menyisihkan waktu untuk mengisi Dapodikmen. Sudahkah anda pikirkan?
4. Apakah anda mengira "apa sih susahnya mengisi data di Dapodikmen"? Operator tidak hanya mengisi data, namun juga memastikan data yang di input adalah memang data yang benar.
5. Di tengah malam atau subuh, diwaktu orang beristirahat, seorang operator harus merelakan waktu istirahatnya untuk "mempelototi Laptop"
6. Seorang operator dituntut belajar mandiri, tanpa pernah ikut pelatihan. Menggunakan Laptop pribadi, modem pribadi...
7. Sudahkah anda pikirkan seorang Operator yang bertugas di daerah terpencil? Untuk melakukan syncron harus menggunakan Kapal kurang lebih 5 jam untuk ke daerah kota, hanya untuk melakukan SYNCRON?
8. VervalPD, sdm.data, infoptk, data un, nilai sekolah, padamu negeri, snmptn, bidikmisi... Apa lagi ya?
9. Ketika dana BOS cair atau tunjangan sertifikasi anda cair, anda tidak mengingat jasa si Operator?

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar